Agungputrawidyanto's Weblog

Aplikasi Client-server TCP Sederhana dengan Java (Demo D1-5) | May 1, 2012

Saat ini, penulis akan membahas mengenai cara membangun aplikasi Client-Server TCP sederhana dengan menggunakan Java. Adapun langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Ketikkan kode sumber (source code) pada Notepad, Editplus, atau IDE lainnya, dan saya memilih menggunakan Notepad++ sebagai text editor. Pada aplikasi ini dibutuhkan dua source code, yang masing-masing saya beri nama Server_Client.java (untuk coding server) dan Client_Server.java(untuk coding client). Adapun source code-nya adalah sebagai berikut :

Aplikasi Server

 

 

Aplikasi Client

 

 

2. Kemudian simpan kedua program tadi pada direktori mana saja, dan saya menyimpannya di direktori “F:\pemjar”.
3. Setelah disimpan, kemudian buka 2 jendela cmd (command prompt) pada menu Start > Accessories > Command Prompt atau langsung ketikkan cmd pada menu Run untuk mengkompile dan menjalankan program tersebut. Kemudian compile program tersebut dan jalankan dengan cara sebagai berikut :

Pada nomor 1 Gambar cmd Server menunjukkan bahwa aplikasi server telah hidup dan sudah dapat menerima interaksi dari Client berupa kata “salam” (lihat nomor 4 pada Gambar cmd Client), sedangkan nomor 2 Gambar cmd Server menunjukkan bahwa aplikasi server telah hidup kembali dan siap menerima interaksi dari Client lagi, namun ketika Client mengetikkan selain kata “salam”, misalkan kata “haii” maka respon Server akan berbeda (lihat nomor 6 pada Gambar cmd Client).
Nomor 3 pada Gambar cmd Client menunjukkan kesalahan dalam menjalankan aplikasi Client, dimana untuk menjalankannya harus menuliskan nama lokal komputer yang dijadikan server saat menjalankan aplikasi Client.
Nomor 4 pada Gambar cmd Client menunjukkan cara yang benar untuk menjalankan aplikasi Client yakni dengan menuliskan nama lokal komputer yang dijadikan Server.
Nomor 5 pada Gambar cmd Client menunjukkan bahwa aplikasi Server hanya bisa menerima satu kali interaksi dari Client, sehingga bila ingin melakukan interaksi lagi harus menjalankan (menghidupkan) lagi aplikasi Server-nya.
Nomor 6 pada Gambar cmd Client menunjukkan bila Client mengetikkan kata selain “salam” maka Server tidak akan mengerti dan memberikan respon “Maaf. Saya tidak mengerti”.


Posted in Uncategorized

Leave a Comment »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: